Rabu, 10 September 2014

KEMBANG SEPATU, TANAMAN HIAS KAYA MANFAAT


KEMBANG sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) adalah bunga klasik, dalam artian telah lama dikenal sebagai tanaman hias. Banyak orang yang menanamnya di taman rumah. Warna merah menyala dan bentuknya yang besar membuatnya sangat menarik sebagai penghias taman rumah. Di Jawa, kembang sepatu disebut kembang Worawari.
Kembang sepatu, atau bunga sepatu memiliki semua organ biologis bunga. Karenanya, kembang sepatu sering masuk dalam pelajaran biologi sebagai contoh bunga sempurna.
Kembang sepatu merupakan tanaman perdu berkayu yang berasal dari Asia Timur. Dapat tumbuh baik di daerah tropis dan sub tropis. Bentuk bunganya besar, merah dan tidak berbau. Dari berbagai kultivar maupun hibrida, kembang sepatu bisa berupa bunga tunggal atau ganda. Warna juga kemudian terdiri dari berbagai macam seperti kuning, merah tua atau merah jambu.
Meskipun merupakan bunga sempurna, kembang sepatu tidak menghasilkan buah sehingga tidak bisa dikembangkan dengan menggunakan biji. Perkembang biakan dilakukan dengan cara stek, cangkok atau penempelan.

Manfaat Kembang Sepatu
Selain sebagi tanaman hias, kembang sepatu juga mempunyai banyak manfaat. Di India, kembang sepatu digunakan sebagai semir sepatu. Di Tiongkok digunakan sebagai pewarna makanan. Di Indonesia, digunakan sebagai obat herbal.
Salah satu manfaat kembang sepatu adalah sebagai shampo untuk rambut bercabang, kusam dan bercabang. Cara menggunakannya adalah dengan menghancurkan kembang sepatu, kemudian tambahkan minyak kelapa. Panaskan dengan api kecil sampai berasap. Dinginkan. Sttelah dingin, anda dapat menggunakan ramuan tersebut sebagai kondisioner. Setelah itu, cuci kembali rambut anda dengan shampo sampai bersih.
Kembang sepatu juga dapat digunbakan sebagai obat herbal sariawan. Caranya cukup mudah. Seduh kembang sepatu dengan segelas air mendidih, biarkan 15 menit, saring. Minum air saringan tersebut 3 kali sehari.
Dengan berbagai manfaat tersebut, mengapa tidak menanam kembang sepetu di taman rumah anda? Selain cantik, banyak manfaat yang bisa didapat. #
(Sumber : Rumah Taman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar