Rabu, 10 September 2014

PEMKAB SERGAI TERAPKAN KATAM TINGKATKAN PRODUKTIVITAS



SEI RAMPAH - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergei) menerapkan sistem Kalender Tanam (Katam) terpadu dalam upaya mengoptimalkan produktivitas hasil pertanian pada lahan tadah hujan.
"Dengan sistem ini, petani di kabupaten ini panen raya yang mencapai hasil produksi 7,2 ton per hektar dengan luas sawah seluas 24 rantai,” kata Bupati Sergei Soekirman di Seirampah, Rabu pada panen raya padi hasil penerapan sistem Katam.
Ia mengatakan dengan semakin maraknya alih fungsi dari lahan pertanian ke non pertanian, selain itu dinamika perubahan iklim telah merubah kualitas dan kuantitas produksi pertanian sehingga gagasan bahwa masalah pangan tidak dapat dipecahkan dengan memperbaiki sistem distribusi pangan.
Salah satu upaya yang dilakukan dengan pengembangan optimasi lahan melalui berbagai inovasi teknologi, sehingga dapat dimanfaatkan petani untuk memperoleh peningkatan pendapatan dan kesejahteraan.
Menjawab tuntutan dan dinamika tersebut Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumut bersama Dinas Pertanian dan Peternakan Sergai telah memfasilitasi para petani memanfaatkan sistem katam.
Hal itu bertujuan juga untuk mensukseskan program pemerintah yaitu Progam Peningkatan Beras Nasional (P2BN) yang menargetkan surplus beras 10 juta ton pada tahun 2014.
Lebih lanjut Soekirman mengatakan panen raya itu mempunyai arti penting dan strategis bagi pemerintah dan masyarakat di daerah itu khususnya para petani, meskipun hasilnya sedikit namun nyata dan ada.
“Kami memberikan apresiasi atas kerjasama semua pihak, apalagi dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional dan daerah. Salah satu tantangan yang dihadapi semakin menyempitnya luas lahan pertanian,” katanya. #
(Sumber : antarasumut.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar