Senin, 08 September 2014

PERMINTAAN HEWAN KURBAN DI MEDAN MULAI MENINGKAT

MEDAN - Beberapa minggu menjelang hari raya Idul Adha atau hari raya haji, sejumlah peternakan dan Rumah Potong Hewan di kota Medan mulai kebanjiran pesanan untuk sapi maupun kambing.  Penjual hewan Qurban dadakanpun mulai bermunculan dibeberapa daerah.
Pemilik Peternakan Usaha Berkah di Jalan SMU 2 Karang Sari Polonia Medan, Samsul Efendi Rangkuti, Senin (8/9/2014) mengatakan, sepertinya penjualan hewan ternaknya tahun ini lebih meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut terlihat dari masih beberapa minggu jelang Idul Adha namun ia sudah menerima permintaan.
“Tahun ini permintaan hewan untuk kurban jauh meningkat dari tahun lalu. Kemungkinan meningkat mencapai 50 persen,” ujarnya.
Ia menuturkan, hingga saat ini ia sudah menerima sekitar 50 pesanan. Harga yang ia tawarkan juga bervariasi tergantung besar kecil dan berat hewan ternak yang akan dijualnya. Ia menjual sapi atau lembu mulai Rp 9 juta hingga  Rp 34 jutaan.
“harganya untuk tahun ini memang sedikit mengalami kenaikan. Permintaan kebanyakan masyarakat Medan. Hanya beberapa yang dari luar kota Medan,” ungkapnya.
Ia mengungkapkan, biasanya permintaan akan hewan kurban akan banyak seminggu menjelang hari raya Idul Adha.
Tingginya permintaan akan hewan kurban ternyata menimbulkan ketakutan tersendiri bagi sebagian pedagang. Pasalnya beberapa pedagang mengaku sulit menerima pasokan untuk hewan kurban.
Pedagang Sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) di  Simpang Pemda, mengatakan untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban tahun ini ia kesulitan terutama untuk permintaan sapi atau lembu lokal.
"Masyarakat masih banyak yang meminta sapi lokal untuk dijadikan hewan kurban. Sementara pasokannya sangat sedikit kita takut tidak bisa memenuhi permintaan tersebut,” ungkapnya.
Ia menuturkan, karena pasokan yang sedikit ia juga takut akan berpengaruh pada harga. Karena persediaannya yang sedikit sementara permintaan banyak jadi bisa mengalami kenaikan harga.#
(Sumber : tribunnews.com
)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar