Kamis, 11 September 2014

LANGKAT PANEN JAGUNG 13.433 HEKTARE

LANGKAT - Petani jagung di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, hingga awal September sudah memanen seluas 13.433 hektare dari target tanam seluas 26.684 hektare, terutama di sentra tanaman jagung seperti Kecamatan Sei Bingei, Binjai, Padang Tualang. “Panen jagung sudah mencapai 13.433 hektare,” kata Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Langkat Yusfik Helmi, di Stabat, Kamis (11/9/2014).
Yusfik menjelaskan bahwa panen jagung petani terluas berada di kecamatan Sei Bingei, Binjai, Padang Tualang, diharapkan akan dapat meningkatkan produksi nantinya, terutama untuk tetap mempertahankan Langkat meruakan salah satu sentra tanaman jagung di Sumatera Utara.
Yusfik juga menjelaskan bahwa instansinya terus mendorong agar petani jagung dapat menanam lahan-lahan mereka, sehingga target tanam yang sudah dicanangkan dapat terwujud di akhir Desember mendatang.
Bila diperhitungkan dengan target rencana tanam yang ada, tentu ada kekurangan sekitar 13.251 hektare lagi, namun instansinya meyakin terget rencana tanam itu akan dapat direalisasikan segera mungkin.
Secara terpisah staf Bidang Produksi Dinas Pertanian lainnya Hamonangan Siregar mengungkapkan bahwa untuk panen sayuran, palawija, holtikultura juga peningkatannya sangat siknifikan sekarang ini.
Seperti kedelai sudah panen seluas 424 hektare, kacang tanah 547 hektare, kacang hijau 745 hektare, ubi kayu 535 hektare, ubi jalar 214 hektare, cabai 312 hektare.
Untuk realisasi panen lainnya yaitu kacang panjang sudah panen sekarang ini seluas 420 hektare, terong 108 hektare,tomat 18 hektare, ketimun 242 hektare, semangka 801 hektare, bayam 106 hektare.
Termasuk juga sayuran sawi panen seluas 74 hektare, kembang kol 16 hektare, kangkung 46 hektare, katanya.
Hamonangan juga yakin, bahwa panen yang ada ini telah menciptakan harga yang cukup stabil di pasar tradisional Langkat, sehinga tidak terjadi kenaikan harga terutama menjelang Idul Adha nantinya. #
(Sumber : antarasumut.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar