Jumat, 12 September 2014

HARGA PROSPEKTIF, PETANI SAYUR MARELAN KEJAR TARGET TANAM


MEDAN - Petani sayur di Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, mengejar target tanam sehubungan harga sayur khususnya sawi dan kangkung yang tengah prospektif.
Salah seorang petani di Kelurahan Tanah 600, Bunawan, menyebutkan harga sayur saat ini memang baru di level normal, namun diyakini melihat musim harga ke depan bakal semakin tinggi.
"Kemarin baru jual sawi seharga Rp 40.000 sampai Rp 50.000 per bal. Itu tergolong harga standar atau menengah, tapi sudah lumayan dibandingkan jika haga jatuh hingga sampai dasar, yakni Rp 10.000 per bal," katanya, Jumat (12/9/2014).
Sementara harga kangkung juga lumayan, mencapai Rp 15.000 per bal, dari sebelumnya hanya sekitar Rp 8.000.
Dalam beberapa waktu ke depan, dia meyakini harga sayuran khususnya  sawi bakal lebih tinggi, mengingat musim penghujan saat ini banyak petani yang gagalpanen sehingga pasokan terbatas.
"Mungkin bisa mencapai Rp 100.000 per bal. Harga tertinggi memang di kisaran segitu," ujarnya.
Makanya, saat ini Bunawan dan petani sayur lain tengah mengejar target tanam. Bunawan sendiri kemarin langsung mengolah tanahnya untuk ditanami kembali.
"Kalau yang lalu panen delapan bedeng, sekarang coba 15 bedeng. Mudah-mudahan bisa beberhasil semuanya," ucap Bunawan yang tentu memperhatikan faktor drainase di ladangnya agar tidak terendam air hujan. #

Tidak ada komentar:

Posting Komentar