Jumat, 28 November 2014

TOMAT CHERRY BAGI YANG DIET


BANYAK orang melakukan berbagai cara untuk program diet. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat namun tetap bisa membangkitkan selera makan.
Ada berbagai jenis makanan atau sumber bahan makanan yang bisa dikonsumsi untyuk mendukung program diet. Misalnya salad buah, salad sayuran menggunakan bayam bernutrisi tinggi atau selada, dan dihiasi dengan tomat cherry dan kacang. Lalu roti gandum, susu rendah lemak atau kacang almond.
Satu yang disebutkan tadi adalah tomat cherry.
Ya, tomat cherry merupakan salah satu varietas buah tomat yang bentuknya lebih kecil daripada tomat pada umumnya. Jenis ini mulai dikenal sejak tahun 1800 an dan diperkirakan berasal dari negara Peru dan Chili bagian utara.
Ukurannya cukup bervariasi mulai dari sekecil buah cherry sampai dengan sebesar bola golf. Bentuknya juga terkadang ada yang bulat sempurna dan ada pula yang bentuknya lonjong. Khusus yang lonjong biasanya orang-orang menyebutnya tomat anggur.
Ketika masih muda, buahnya berwarna hijau muda dan ketika tua warnanya bisa beraneka ragam mulai dari kuning, jingga, sampai merah tua. Untuk yang matang berwarna kuning disebut "Golden Tomat Cherry" sedangkan untuk yang berwarna merah disebut "Red Tomat Cherry".
Tomat ini menjadi cukup populer setelah kemunculannya di Amerika Serikat pada awal tahun 1900-an. Di Amerika Serikat, jenis tomat ini sangat banyak digunakan untuk campuran salad atau bahkan dikonsumsi secara langsung karena rasanya yang manis segar. Jenis yang paling poluler di Amerika Serikat adalah Sweet 100.
Meskipun bentuknya yang kecil, tomat cherry memiliki nilai gizi yang tidak kalah dengan tamanan tomat pada umumnya.
Tomat cherry memiliki semua kandungan tomat seperti rendah sodium , sangat rendah lemak jenuh dan kolesterol. Tomat ini merupakan sumber yang baik untuk Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Thiamin, Niacin, Folat, Magnesium, Kalium, Mangan, Fosfor dan Tembaga, dan juga sumber serat.
Manfaat tomat umumnya juga sebagai antioksidan, pengontrol diabetes, melawan karsinogen yang antara lain ditimbulkan dari efek merokok, melawan kanker lambung dan usus besar, menyehatkan mata, mencerahkan kulit, dan mencegah batu ginjal.

Jadi, tomat cherry walau kecil tapi banyak manfaatnya. Saatnya anda sekarang menanam sendiri tomat ceri dan rutin mengonsumsinya. #

Tidak ada komentar:

Posting Komentar