Selasa, 13 Januari 2015

OKRA, PROSPEK BISNISNYA OKE

BELUM banyak yang kenal tanaman Okra, apalagi menanamnya. Maka dari itu, di pasar komoditas ini masih sulit dijumpai, dan harganya pun mahal. Hanya di swalayan, jenis sayuran ini sering dijumpai.
Pejabat Badan Ketahanan Pangan Kota Medan, Ali Usman, mengakui tanaman ini masih jarang dibudidayakan petani di daerah ini. Dia menyebut, potensi bisnis tanaman ini cukup oke sehingga layak jadi pilihan untuk dibudidayakan.
“Saya kira peluang pasarnya masih sangat besar, karena masih jarang dibudidayakan. Banyak supermarket siap menampung komoditas ini,” kata Usman.
Samuel, praktisi hidroponik di Medan, mengaku ada membudidayakan tanaman ini, tapi jumlahnya masih sedikit sehingga dia pun tidak bisa memenuhi kebutuhan pasar.
“Di Berastagi Supermarket, Okra dijual seharga Rp 7.000 hingga Rp 10.000 per pak yang berisi sekitar lima buah. Kami memasoknya seharga Rp 5.000 hingga Rp 6.000,” katanya.
Okra atau dikenal juga dengan bendi adalah tumbuhan famili Malvaceae yang memiliki nama ilmiah Abelmoschus esculentus.  Merupakan tanaman berbunga hijau yang bentuknya mirip dengan cabai hijau berbulu halus dan kelilingnya berlekuk. Di dalamnya terdapat biji-biji kecil jika okra dipotong.
Di Jepang tanaman ini disebut okura dan biasa dijadikan makanan pelengkap, makanya hanya butuh beberapa okra saja untuk dipotong-potong dan dicocol dengan kecap, lalu dimakan bersama nasi hangat.
Di Indonesia, biasanya okra dimakan sebagai lalapan, sayur kari, sup, asem-asem, oseng-oseng, gado-gado, campuran mie goreng, campuran cap Jay maupun pie isi okra.
Tanaman ini awalnya berasal dari daerah Ethiopia. Tapi akhir-akhir ini, tanaman yang juga dikenal dengan sebutan lady finger ini telah banyak dikembangkan di Asia. Tanaman ini dapat dibudidayakan di seluruh daerah beriklim tropis dan temperatur hangat di seluruh dunia.
Dari literature diketahui okra bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa jenis vitamin dan protein terdapat di dalamnya. Okra mengandung vitamin, mineral, folat, dan anti-oksidan seperti beta karoten dan lutein. Okra juga rendah kalori sehingga dapat dijadikan menu dalam diet menurunkan berat badan.
Okra sangat bagus untuk jantung. Selain mengurangi kolesterol, juga membantu mengontrol tingkat tekanan darah.
Dari penelitian ilmiah menunjukkan bahwa serat-serat dalam okra membantu menstabilkan tingkat gula darah. Okra menjadi sarana pengontrol dalam penyerapan gula dari darah oleh hati. Okra sangat baik dikonsumsi dalam pencegahan diabetes.
Konten serat dalam okra mudah dicerna dan mempermudah pergerakan usus. Okra membantu penyerapan air berlebih dalam perut dan iritasi usus lainnya.
Okra juga kaya akan vitamin A dan vitamin C. Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah pada kulit. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin B juga hadir dalam tanaman okra.
Lalu manfaat okra lain adalah mencegah jerawat dan menjaga kulit tetap halus dan bercahaya.
Untuk budidayanya, tidak terlalu sulit. Okra tumbuh baik di dataran tinggi, 600 meter dpl ke atas, namun di dataran rendah juga dapat tmbuh dan berbuah, hanya saja umurnya lebih pendek dan produksinya lebih rendah.
Menanam Okra tidak sulit, tanah diolah, diberi pupuk kandang 40 kg per 100 m persegi dan ditambahkan kapur dolomite 20 kg per 100 m persegi agar PH yang diinginkan dapat sesuai. Pupuk kandang bisa diganti dengan NPK sebanyak 25-30 kg.
Okra ditanam melalui biji, langsung dimasukkan ke dalam lubang tanam sebanyak 5-6 biji setiap lubang dengan jarak tanam 60 x 120 cm. Setelah tumbuh diperjarang hingga tinggal 2-3 batang per lubang, tentunya ditinggalkan yang baik-baik saja.
Pada musim kemarau disiram sesuai kebutuhan tanaman, bisa tiap hari atau seminggu dua kali tergantung kondisi tanah dan tanaman. Pemupukan susulan diperlukan apabila kondisi tanaman memang memerlukannya, jadi tidak mutlak, yang penting penyiangan.
Biasanya umur 2 bulan buahnya sudah mulai bisa dipanen dan dilakukan bisa setiap 2 hari sekali, tergantung kondisi buah, karena kalau terlalu tua kualitasnya menjadi kurang bagus, sementara kalau terlalu muda buahnya masih kecil-kecil. #

40 komentar:

  1. saya ingin menawrkan okra,apa bisa di bantu untuk menjual nya??terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo boleh tau, alamatnya di mana mbak..??

      Hapus
    2. Sya jg mau menawarkan buah okra,ada no tlp yg bisa saya hubungi kah? Tlp saya 081336611531

      Hapus
    3. Sya jg mau menawarkan buah okra,ada no tlp yg bisa saya hubungi kah? Tlp saya 081336611531

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. saya seorang peneliti sayuran, salah satu produknya okra hibrida. apabila ada yang tertarik untuk mencoba produk saya, benih akan saya berikan secara gratis untuk dicoba(dengan jumlah tertentu) dengan mengganti ongkos kirim. silahkan kontak saya di 081335780151

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tertarik rencana mau tanam min 2 ha bisa kah bibitnya dicoba

      Hapus
  5. Rencana ingin menanam okra, saya mohon bagi yang tahu pemasaran okra contact saya di 085261355974. Saya tinggal di Medan ( Namorambe)

    BalasHapus
  6. Saya juga sudah siap panen , mohon info pemasaran okra nya , contact 085768160034

    BalasHapus
  7. saya mencoba untuk mengembangkan dan perbanyak okra serta siap kirim kalau diperlukan ok

    BalasHapus
  8. selain l\kebutuhan okra di konsumsi bagaimana kalau di dicoba dibuatkan makanan berupa jel atau kue mungkin enak yach

    BalasHapus
  9. Saya Pakmaiku hp/wa 082160470829 dan siap kerjasama memasarkan Okra di Banda aceh

    BalasHapus
  10. Saya kesulitan untuk memasarkan hasil kebun okra, tolong dibantu pasarannya untuk daerah bogor! 085880440959

    BalasHapus
  11. untuk daerah madiun kemana ya?
    saya berminat menanam. hp saya 082232105446

    BalasHapus
  12. Bagi pembaca Yg di Malang Okra sy sudah mulai berbuah bisa hubungi 081233245703

    BalasHapus
  13. saya ada okra. saya tinggaldi Madiun. pemasarannya dimana ya? WA 089679016386

    BalasHapus
  14. saya di Aceh sudah ada ngak bibitnya di toko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdh ada udh di coba tanam lumayan jg hslnya ,blm dikembangkan krna blm jls pasarnya

      Hapus
  15. Saya siap panen 10 hari lagiii....
    Sulit untuk memasarkan. A

    BalasHapus
  16. Saya siap panen 10 hari lagiii....
    Sulit untuk memasarkan. A

    BalasHapus
  17. Saya sudah panen okra,posisi di salatiga jawa tengah. . . Apakah ada yang bisa bantu pasarnya ?? Terimakasih,no WA saya 087700274603

    BalasHapus
  18. Untuk pemasaran sekitaran jogja dimana ya??
    WA 085729988800

    BalasHapus
  19. Saya ada okra banyak, siap panen ini. Seminggu lagi. Pemasaran daerah surabaya dan sekitarnya di mana, saya tinggal di Jombang, hp saya 085325476666

    BalasHapus
  20. Adakah penjual benih okra sekitaran semarang, ungaran atau salatiga?

    BalasHapus
  21. Untuk daerah jogja, saya bisa peroleh buah okra merah dimana ya?

    BalasHapus
  22. Untuk daerah subang jawa barat pemasarannya kemana ya ? Terima kasih.
    082123986234.

    BalasHapus
  23. Kirim no ke WA 085225000137 bagi yg pny tanaman okra wilayah Jateng di utamakan yg luar pulau Jawa gk dulu

    BalasHapus
  24. Saya kesulitan menjual okra... sapa bisa bantu wa 082370253223

    BalasHapus
  25. Saya masih kesulitan menjual okra di wilayah medan, ada yg bisa bantu wa 082294885776

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih tanam okra pak?
      Medannya daerah mana?

      Hapus
    2. Sy daerah Medan, bila perlu okra sy ada

      Hapus
  26. Saya kesulitan memjual okra... bisa d bantu mbak..kak..abang..bpk..ibu utk wilayah sumut...wa 082370253223

    BalasHapus
  27. Saya kesulitan memjual okra untuk wilayah medan.. Bisa kk,abg,ibu dan bapak untuk membantu
    Wa 082294885776

    BalasHapus
  28. Tolong saya di bantu utk menjual OKRA.
    tolong di bantu ya
    Anto purwodadi WA 085727096595

    BalasHapus
  29. Z punya tanaman okra mohon bantu penjualannya nomor saya 085397998032

    BalasHapus
  30. Bisa bantu pemasaran bibit okra dalam polybag di sulawesi tengah..?

    BalasHapus
  31. Saya kesulitan menjual okra, ada yang bisa bantu? Untuk wilayah bandung. 081211259939

    BalasHapus