Minggu, 23 November 2014

MENGHIAS PAGAR DENGAN TANAMAN

PAGAR  rumah setidaknya mempunyai beberapa fungsi. Yang pertama adalah sebagi pembtas dengan lingkunagan luar. Kedua adalah untuk keamanan. Dan ketiga adalah sebagai elemen penting penghias rumah.
Seiring dengan makin meluasnya konsep kembali ke alam, pada bangunan rumah sering ditafsirkan sebagai banyak menanam tanaman hijau. Namun jika luas lahan terbatas, mengapa tidak manfaatkan pagar sebagai sarana penghijauan sekaligus mempercantik rumah anda?
Salah satu cara adalah dengan menanam berbagai tanaman hias untuk dirambatkan pada pagar rumah. Pagar rumah tidak lagi terlihat kaku, namun menjadi cantik dan lebih hidup.
Beberapa tanaman yang bisa digunakan, antara lain yang pertama adalah Sirih Merah.  Sirih merah merupakan tanaman rambat. Selain daunnya yang cantik, sirih merah juga dikenal sebagai obat herbal. Tanaman ini akan tampil cantik jika ditempelkan pada dinding atau dirambatkan pada pagar.
Lalu tanaman Mandavilla. Tanaman ini sangat cepat tumbuh dan membutuhkan media vertikal untuk pertumbuhannya. Untuk merambatkannya, sebaiknya dilakukan saat tanaman ini masih kecil. Caranya dengan dibelitkan berulang-ulang ke atas. Saat semakin besar, mandavilla akan membelit dengan sendirinya tanpa bantuan.  Jika berbunga, mandavilla akan memberikan warna tersendiri di pagar anda.
Tanaman lain adalah Morning Glory, merupakan tanaman hias yang merambat dan sangat indah. Bunganya akan mekar di setiap pagi dan akan menutup saat sore hari. Jadi setiap pagi, pagar rumah anda akan dipenuhi dengan bunga yang bermekaran.
Satu lagi adalah Flame of Irian. Tanaman ini memang berasal dari Irian. Tumbuh merambat dan berbunga sepanjang tahun. Bunga flame of irian mempunyai bentuk seperti kuku yang melengkung dalam tandan. Tanaman hias ini tumbuh dari daerah panas hingga sejuk di pegunungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar