Kamis, 29 Januari 2015

Abon Tuna dan Kerupuk Ikan Khas Sibolga

JIKA Anda berkunjung ke Kota Sibolga, Sumatera Utara, jangan lupa membeli oleh-oleh khas sana, tentu saja olahan dari ikan berupa abon, kerupuk, serta aneka penganan yang bahan utamanya dari ikan.
Jelas saja, karena Sibolga merupakan kota pesisir yang kaya dengan hasil tangkapan laut. Sejumlah warga kreatif di sana mengolah ikan tersebut menjadi produk makanan nan lezat dan bergizi.
Salah satunya adalah Kelompok Usaha Dewi Nauli, yang digawangi Hotmauli Siahaan selaku ketua kelompok. Kelompok ini memberdayakan ibu-ibu rumah tangga yang umumnya istri nelayan untuk jadi pengusaha olahan ikan.
Dan produk utama mereka adalah abon ikan tuna serta kerupuk ikan. Jika kita mengunjungi Pasar Horas Sibolga, kios jualan mereka ada di sana. Atau sejumlah supermarket di Sibolga juga menjual produk Dewi Nauli.
Keberadaan gerai tersebut didukung Dinas Perikanan dan Kelautan Sibolga. Termasuk usaha pembuatan yang mereka geluti, mendapat binaan pemerintah daerah serta beberapa pihak lain seperti Bank Indonesia, Bank Sumut, dan Dinas Perindustrian.
Hotmaluli mengatakan, kelompok usaha ini sudah berusia empat tahun, awalnya mereka hanya memproduksi abon ikan tuna. Ata ada kalanya menghanti bahan baku dengan ikan tenggiri, jika sewaktu-waktu tuna susah didapat.
Namun satu tahun terakhir mereka pun memproduksi kerupuk bawang ikan, kerupuk ikan, kerupuk sambal ikan teri, stik kentang ikan dan stik ubi rambat ikan.
“Kami terus menghadirkan inovasi, guna menarik hati konsumen,” katanya.
Tidak sekadar menambah varian, kapasitas produksi mereka juga meningkat. “Di tahun 2013 kami baru berproduksi 50 kg per bulan, namun sepanjang tahun 2014 mengalami peningkatan 100% untuk masing-masing varian produk,” kata Hotmauli. (mul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar